SHARE

image-satunegeri

SatuNegeri.com – Sebagai komitmen dukungan untuk mengentaskan kemiskinan di kawasan Asia dan Pasifik, Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyiapkan dana sebesar US$12,4 miliar dalam empat tahun mendatang.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu  (2/5), Presiden ADB Haruhiko Kuroda mengtakan bahwa dana tersebut termasuk dalam komitmen Dana Pembangunan Asia (Asian Development Fund/ADF) yang mencakup kegiatan ADB mulai 2013 hingga 2016 dan meningkat 9,5 persen dari komitmen yang sama empat tahun sebelumnya.

Dengan anggaran tersebut, diharapkan dapat memperkecil kesenjangan pembangunan dan meningkatnya ketimpangan pendapatan serta membantu negara-negara rentan menghadapi guncangan seperti pangan dan bahan bakar minyak serta bencana alam dan konflik.

Para negara donor sepakat untuk membentuk Fasilitas Tanggap Bencana di bawah ADF sebagai proyek percontohan untuk mendukung negara-negara termiskin dalam mengatasi bencana alam. Saat ini komitmen tersebut masih menjadi sumber pendanaan utama untuk pembenahan dan pembangunan sarana infrastruktur ekonomi dan sosial.

Dalam empat tahun mendatang diharapkan penyediaan kurang lebih 16 ribu kilometer jalan akan terpenuhi dan membuka peluang ekonomi baru serta akses pelayanan sosial yang lebih baik bagi 20 juta orang. Selain itu, lebih dari 2,5 juta siswa diharapkan mendapatkan keuntungan dari program perbaikan sekolah atau dukungan langsung lainnya kepada sektor pendidikan.

Rumah tangga baru yang akan terhubung ke listrik diharapkan mencapai lebih dari 340 ribu rumah tangga, serta penyediaan air bersih sebanyak 560 ribu rumah tangga dan sarana sanitasi sebesar 440 ribu rumah tangga.

Menteri Keuangan Bangladesh Abul Maal Abdul Muhith yang merupakan salah satu penerima terbesar bantuan ADF dan merupakan salah satu dari enam negara penerima yang berpartisipasi dalam program ini. mengatakan, dukungan ADF akan membantu negara dengan penghasilan rendah seperti Bangladesh untuk menyediakan layanan sosial kepada masyarakatnya.

"Kami akan melipatgandakan upaya untuk memberikan hasil dan membawa peluang yang lebih baik dan masa depan yang cerah untuk masyarakat kami, terutama bagi masyarakat paling miskin," ujarnya.
 

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

19 − one =