SHARE

image-satunegeri

Susah fokus, bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kondisi fisik yang menurun, sampai kepada hal-hal yang menyangkut pengaruh dari luar lingkungan. Nih, tips biar kita jadi gampang fokus.

1. Tidur dan Istirahat yang cukup

Istirahat dan tidur selama kurang lebih delapan jam. Karena selama waktu itu,  tubuh kita mereparasi diri untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Nah makanya, nggak dianjurkan untuk begadang. Menurut, Direktur Sleep Research Center, Universitas Loughbrough, Profesor Jim Horne menyatakan salah satu fungsi utama tidur adalah memungkinkan otak untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Oleh karena itu tidur yang cukup sangat baik untuk otak kita, karena selama tidur, korteks, bagian terbesar otak yang mengatur fungsi-fungsi yang lebih tinggi, seperti pikiran dan tindakan masuk ke tahapan reparasi. Makanya, ketika kita kurang tidur, kita bakal mudah marah, cepat stres dan nggak fokus.

2. Rajin Olahraga Pagi

Olahraga sangat penting karena dapat mencegah penyakit. Dengan olahraga kita juga dapat berfikir positif yang kita butuhkan maupun dalam menghadapi masalah dalam hidup kita.

Selain berolahraga secara fisik kita dapat juga dengan olah nafas dalam tubuh kita. merupakan salah satu modal dasar ataupun kunci dalam menghadapi stres. Saat tidur semua hormon yang terlibat dalam aktivitas meningkat, sehingga tubuh akan merasa lebih aktif dan segar saat pagi hari.

Selain itu membuat pikiran menjadi lebih tajam selama 4 sampai 10 jam setelah berolahraga. Makanya sempatkan diri untuk lari pagi atau senam sebentar.

3. Pentingnya Sarapan atau Makan Pagi

Makan pagi meningkatkan konsentrasi belajar dan memudahkan menyerap pelajaran, sehingga prestasi belajar menjadi lebih baik. Seperti yang dikatakan ahli gizi anak di Universitas Miami, pola diet dengan menyertakan sarapan pagi bagi remaja akan memacu pertumbuhan yang tepat dan memaksimalkan kemampuan di sekolah. Selain itu kita juga perlu banyak makan makanan yang menghasilkan kalori yang tinggi agar bisa bertahan lama dalam belajar nanti.

Manfaat yang kita dapat ketika kita rutin makan pagi atau sarapan adalah dapat memelihara ketahanan tubuh, dan memusatkan pikiran.

 

Sumber: HAI

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

5 × five =