SHARE

AISA

Satunegeri.com РPT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) yang merupakan  perusahaan multinasional yang memproduksi makanan yang bermarkas di Jakarta, akan merambah Vietnam dan Malaysia dengan mengakuisisi pabrik makanan ringan disana.

Menurut Direktur Keuangan AISA Sjambiri Lioe, pihaknya telah menyiapkan dana hingga US$ 80 juta untuk akuisisi tersebut, yang berasal dari luar anggaran belanja modal alias capital expenditure (capex) perusahaan tahun ini.

Selain itu, di dalam negeri AISA akan memproduksi dua brand minuman ringan milik pihak lain. Perusahaan sudah mendapat kepastian memproduksi salah satu brand, sedangkan satu lagi sedang menunggu permintaan. “Yang sudah pasti kami harapkan finalisasi kuartal I-2015,” kata Sjambiri. AISA akan menggunakan pabrik di Jawa Tengah untuk memproduksi minuman itu.

Tahun ini, AISA menyiapkan capex senilai Rp 1 triliun atau naik 48% dari tahun lalu. Dari jumlah itu,  Rp 500 miliar akan digunakan untuk membangun pabrik penggilingan beras. Lalu, Rp 150 miliar untuk memperluas pabrik snack Taro di Jawa Tengah. Sisanya, Rp 250 miliar untuk memperbesar aset perkebunan kelapa sawit.

AISA menargetkan,  pendapatan tahun 2014 sebesar Rp 5 triliun. Adapun, tahun ini, perseroan membidik pertumbuhan pendapatan 50% menjadi Rp 7,5 triliun.
Kepala Riset First Asia Capital David Nathanael Sutyanto menilai positif sejumlah ekspansi AISA. Selama ini, AISA terus menunjukkan pertumbuhan kinerja dengan sederet ekspansi yang dilakoni. “Semakin banyak ekspansi tentu semakin bagus, apalagi selama ini produk AISA diterima baik di pasar,” ujarnya.

Apa Komentar Kamu?