SHARE

image-satunegeri

SatuNegeri.com – Untuk penyediaan turbin dan generator bagi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) milik PLN, PT PLN (Persero) telah sepakat untuk menjalin kerjasama dengan PT Siemens Industrial Power (SIP).

Karena PT Siemens Industrial Power, merupakan satu-satunya perusahaan terkemuka di dalam negeri,nantinya PT Siemens Industrial Power akan mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia. Sedangkan untuk pembuatan turbine, generator dan spare parts (suku cadang),  PT SIP menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN, diantaranya PT Bharata Indonesia,  PT Pindad, PT PAL (Persero) dan PT Dirgantara Indonesia.  

“ PLN telah mengindentifikasi setidaknya dalam waktu beberapa tahun ke depan, terdapat 15 lokasi pembangkit berkapasitas dibawah 20 MW yang membutuhkan ketersediaan turbin dan generator untuk mendukung penyediaan listrik di sejumlah tempat.  Diharapkan, kebutuhan akan turbin dan generator tadi bisa dipenuhi oleh PT SIP sehingga tidak diperlukan impor dari luar “ Direktur Utama PLN Nur Pamudji.

Untuk tahap awal, rencananya PT SIP akan memproduksi 4 unit generator dan turbin uap masing-masing berkapasitas 7 MW yang akan digunakan PLN dalam proyek pembangunan PLTU Timika, Papua.  

Selain itu, kedua belah pihak juga sepakat untuk mengembangkan kerjasama ini dalam jangka waktu 5 tahun ke depan sehingga secara efektif PT SIP dapat mendukung PLN untuk memenuhi kebutuhan akan generator dan turbin sampai dengan  kapasitas dibawah 20 MW dengan ketersediaan yang tinggi dan layanan purna jual yang lebih baik.

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, PLN bisa memperoleh mesin-mesin turbin dan generator pembangkit listrik yang berkualitas tinggi, handal namun dengan harga yang lebih kompetitif.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

four × three =