SHARE

medium_19lapangan-migas-LN-free

Satunegeri.com – Beleid Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. KKP melarang kegiatan eksploitasi dan eksplorasi di zona laut 0-4 mil, dikhawatirkan akan mengganggu produksi minyak dan gas bumi (migas).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja, bila skenario larangan tersebut jadi dijalankan, kemungkinan akan berdampak pada produksi minyak dan gas nasional. “Pastinya dampak ini akan besar sekali,” terang dia, di Gedung DPR, Rabu (11/2).

Namun ia  enggan berspekulasi, dan hanya meminta bahwa kebijakan pelarangan tersebut digunakan untuk kawasan khusus saja, agar setiap eksplorasi migas maupun yang produksi tidak terkena.

Sekretaris SKK Migas Gde Pradnyana juga menyatakan, bahwa pihaknya akan segera mendiskusikan permasalahan tersebut dengan KKP. Ia jug meyakini bahwa ibu Susi akan melakukan larangan ini secara selektif dan tidak dilakukan di semua pantai.

Saat ini KKP sedang menyusun tata ruang kawasan di laut sehingga akan ada wilayah khusus yang terkena larangan. Karena itu, belum tentu wilayah migas yang sedang berproduksi. “Kami berasumsi bahwa wilayah migas yang sudah berproduksi tidak akan dikenakan larangan tersebut. Namun kami akan membahas dengan KKP,” tandasnya.

Apa Komentar Kamu?