SHARE

85kebakaran-hutan-free2

Satunegeri.com – Berdasarkan pantauan satelit Modis (Terra dan Aqua) pada Minggu (21/9), Operasi hujan buatan yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah membuatĀ  titik api di wilayah Sumatera berkurang secara drastis. jarak pandang saat ini juga sudah meningkat.

Kepala Humas BNPB Pusat, Sutopo di Jakarta, Minggu(21/9) mengatakan bahwa operasi hujan buatan tersebut telah mempercepat turunnya hujan serta meningkatkan intensitasnya. upaya penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga masih terus dilakukan dengan melalui operasi darat, operasi udara, penegakan hukum, sosialisasi dan kesehatan masyarakat.

Semua kinerja terus dimaksimalkan untuk melakukan pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan agar tidak semakin meluas dan api tidak merambah ke daerah lainnya.

“Rapat koordinasi semua pihak di daerah-daerah yang terdapat titik api terus dilakukan agar bisa saling bekerja sama guna penanggulangan pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya

Berdasarkan pantauan satelit Modis, hotspot tersebar di Sumsel 35 titik, Lampung 7 titik, Kalbar, 86 titik, Kalteng 451 titik, Kalsel 75 titik dan Kaltim 132 titik sedangkan Riau dan Jambi Tidak ada hotspot atau nihil.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

thirteen − 9 =