SHARE

medium_23chevronmakassar

Satunegeri.com – Chevron menjadi pendukung keempat dari sektor swasta yang bergabung dalam U.S.-Indonesia Joint Council (Dewan Bersama Indonesia-Amerika) untuk program kemitraan pendidikan tinggi. Hibah awal yang diserahkan yaitu sebesar US$100.000 untuk tahun pertama dari rencana program beberapa tahun guna mendukung kerja sama pengembangan pendidikan antara Indonesia dan Amerika, termasuk memprakarsai kerja sama antara Texas A&M University dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

U.S.-Indonesia Joint Council adalah sebuah organisasi bilateral antara Indonesia dan Amerika yang dikelola oleh U.S.-Indonesia Society (USINDO) pada tahun 2010 untuk menggandeng sektor swasta dalam pengembangan pendidikan antara Indonesia dan Amerika sebagai bagian dari Kemitraan Komprehensif Indonesia dan Amerika. Dewan Bersama ini menjadi perangkat dalam mengembangkan lima kerja sama baru antara universitas- universitas di Indonesia dan Amerika, seperti pada bidang pertanian, jurnalistik, kehutanan dan kelautan. Lebih dari 300 mahasiswa Indonesia dan Amerika telah melakukan studi di masing-masing negara atas kemitraan ini.

Organisasi tersebut memfasilitasi kerja sama antara Texas A&M University dan ITB – perguruan tinggi unggulan di masing-masing negara – yang telah menandatangani perjanjian kerja sama bulan lalu. Dengan adanya hibah baru dari Chevron melalui University Partnership Program (Program Kemitraan Universitas), organisasi ini akan mendukung kemitraan kedua universitas untuk meningkatkan kapasitas riset ITB dalam bidang teknik kimia, teknik minyak bumi dan ilmu bumi; meningkatkan jumlah mahasiswa ITB untuk belajar di Texas A&M University; serta mengadakan penelitian bersama antara peneliti Indonesia dan Amerika. Pengembangan kapasitas di bidang teknik yang dilakukan oleh Texas A&M Univesity dengan ITB akan memperkuat dukungan yang telah Chevron berikan kepada perguruan tinggi ini sejak 2006.

U.S.-Indonesia Joint Council dalam Kemitraan Pendidikan Tinggi merupakan satu-satunya organisasi non-pemerintah yang diakui oleh presiden di kedua negara dalam Deklarasi Bersama untuk Kemitraan Komprehensif Indonesia dan Amerika. Kedua presiden mendukung organisasi tersebut untuk “memanfaatkan sumber daya dari kalangan non-pemerintah, publik dan swasta di kedua negara dalam mendukung perluasan program bilateral untuk pendidikan tinggi, termasuk membantu Indonesia memiliki perguruan tinggi kelas dunia.”

Apa Komentar Kamu?