SHARE

image-satunegeriSatuNegeri.com – Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Rabu (25/1) yang dihadiri 2.600 orang elite perusahaan dan negara, mengakui bahwa kapitalisme yang memperburuk kesenjangan yang ada saat ini. Namun menurut mereka kapitalisme tetap merupakan sistem lebih baik dari alternatif apa pun.

Dengan merujuk pada sistem mekanisme pasar dengan sentuhan tangan pemerintah yang kuat, sebagaimana dijalankan di China. Forum ekonomi dunia tersebut memprediksi bahwa sistem kapitalisme kemungkinan akan punah. Dan sistem yang paling pas adalah sistem kapitalisme negara.

Menurut David Rubenstein, yang juga salah satu pendiri perusahaan pengelola dana investasi global Carlyle Group,  yang bermarkas di Washington. Kapitalisme merupakan bentuk terburuk dari berbagai sistem.

Diluar acara Forum tersebut, sekelompok orang mencoba mendekat ke pertemuan untuk menyampaikan kritik. Selain itu, berbagai aksi serupa juga bermunculan di berbagai belahan dunia dalam setahun terakhir. Mereka menuding Para kapitalis telah mementingkan keuntungan uang semata dan sifatnya sesaat.

Namun ada juga para eksekutif korporasi yang balik menyalahkan pemerintah di balik kekacauan ekonomi global, dan bukan menyalahkan sistem kapitalisme.”Reformasi tidak semata-mata menyangkut korporasi dan kerasukan. Itu tergantung kepada para pembuat keputusan, dengan kata lain pemerintah,” kata pimpinan umum Alcatel-Lucent CEO, Ben Verwaayen.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

sixteen − nine =