SHARE

medium_11cpo

satunegeri.com – Produksi CPO tahun ini menurut Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI), Derom Bangun, mencapai 29,5 juta ton, atau meningkat 6,5% dibandingkan tahun lalu sebanyak 27,7 juta ton.

Peningkatan tersebut, menurut Derom dikarenakan usia tanaman sawit yang memasuki usia produktif serta penambahan luas areal tertanam. Selain itu, badai el nino yang diramalkan akan terjadi pada tahun ini hingga saat ini masih belum berdampak terhadap kinerja produksi kebun sawit. “Belum merevisi target produksi CPO hingga saat ini,” kata Derom.

Sedangkan untuk ekspor CPO tahun ini diprediksi akan, lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai 21,3 juta ton. Derom mengatakan bahwa untuk ekspor tahun ini tidak akan mencapai 20 juta.

Menurunnya kinerja ekspor tersebut, terjadi karena penerapan CPO dalam negeri untuk biodiesel dan lesunya pasar ekspor di India dan Cina.

Luas areal perkebunan sawit Indonesia hingga saat ini, tercatat sekitar 10,1 juta ha. Dari jumlah tersebut areal tertanamnya sekitar 8 juta ha-8,4 juta ha.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

nine − two =