SHARE

internet-ICTglobal

Satunegeri.com – Di tengah semakin majunya teknologi internet, ternyata masih ada 4 miliar orang di dunia belum tersentuh internet. hal itu dikatakan oleh perusahaan konsultan asal Inggris, McKinsey & Company.

Dalan surveinya yang menggunakan data Bank dunia, McKinsey & Company memaparkan bahwa masyarakat yang belum tersentuh internet tersebut dua pertiga diantaranya berasal dari 20 negara, diantaranya India, Rusia, Nigeria, Brazil, dan Amerika Serikat. Bahkan, di Amerika Serikat, 1 dari 5 orang penduduknya belum pernah tersentuh internet.

McKinsey & Company menuturkan beberapa alasan mengapa hal ini dapat terjadi. Alasan pertama yaitu belum terlihatnya manfaat internet bagi layanan lokal. Banyak pelaku bisnis lokal masih belum menggunakan internet untuk melakukan usahanya. Selain itu, kurang terpercayanya sistem logistik dan pembayaran (khusus e-commerce dan layanan online perbankan), keterbatasan kebebasan menggunakan internet, dan keamanan informasi.

Selain itu, besarnya biaya pengadaan internet, khususnya untuk di pedesaan juga menjadi alasan. Kondisi infrastrukur seperti jalan dan listrik menjadi hambatan tersendiri yang meningkatkan biaya pemasangan internet. Faktor lainnya adalah tingginya biaya pemeliharaan alat dan jaringan.

Yang terakhir adalah kurangnya kemampuan untuk menggunakan internet. Aspek ini meliputi kurangnya literatur teknologi digital atau belum nyamannya orang mengakses dan menggunakan teknologi digital. Selain itu, kendala bahasa juga membuat masih banyak orang yang belum mampu menggunakan internet.

Apa Komentar Kamu?