SHARE

Energizer-300x225

Satunegeri.com – Energizer Indonesia kembali menggandeng lembaga non profit Internasional One Million Light (OML) menjalankan program CSR bertajuk ‘Solar Light Power Distribution’. Sebanyak 7000 lampu solar LED diserahkan kepada 21.000 warga desa di sembilan kecamatan di kabupaten Bandung Barat.

“Bantuan yang diberikan karena masih banyak daerah yang terisolir listrik dan masyarakatnya belum terhubung dan menikmati aliran listrik, khususnya di daerah-daerah pinggiran dan terpencil. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti infrastruktur, daerah yang sulit diakses, dan lain-lain,” kata Hallaj A Duriasa, Plant HR Manager, di Desa Cililin, Bandung Barat, saat menyerahkan 500 lampu solar LED secara simbolis kepada Camat Cililin, Drs. Asep Sehabuddin, Senin (12/1).

Untuk memenuhi kebutuhan penerangan, terutama di malam hari, masyarakat tersebut terpaksa mengandalkan energi alternatif seperti lampu solar (lampu baterai) atau lampu petromax (lampu minyak). Menggunakan lampu baterai memang terlihat lebih terang, aman dan sehat dibandingkan dengan lampu minyak. Namun, karena life circle-nya terbatas, lampu baterai membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk membeli energi baterai bila sudah habis masa pakainya. Ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Sedangkan menggunakan lampu minyak, sering sulit didapat, mahal, dan berbahaya bagi kesehatan. Menurut informasi United Nations Development Program (UNDP), lampu minyak bertanggung jawab terhadap sekitar 1,5 juta kasus meninggal dunia karena terbakar dan penyakit pernapasan. Sebanyak 62 persen di antaranya, anak-anak. Berdasarkan data WHO Report 2002, dalam setiap lampu minyak mengeluarkan lebih dari 100 kg emisi karbon setiap tahunnya yang menambaj menjadi 190 juta ton emisi karbon secara global per tahun.

“Melihat efek berbahaya tersebut, kepedulian Energizer Indonesia dalam memberikan bantuan berupa lampu aman dan sehat ini secara tidak langsung juga turut mengurangi resiko yang mungkin akan dialami oleh masyarakat rural akibat pemakaian lampu minyak sekaligus melestarikan lingkungan dari bahaya emisi karbon,” tambah Sierra Fan, perwakilan OML, seperti dikutip Media Release.

Adapun 9 desa yang memperoleh bantuan itu, yakni Cikalong Wetan, Rongga, Sindangkerta, Saguling, Gunung Halu, Cipongkor, Cipendeuy, Cililin, dan Cipatat. Kabupaten Bandung ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Energizer Night Race pada Juli tahun lalu.

“Misi utama memberikan bantuan ini untuk memberikan edukasi lampu solar LED ini sebagai energi alternatif yang aman bagi kesehatan dan murah karena mengandalkan cahaya matahari,” tambah  Hallaj.

Di Indonesia, Energizer pertama kali menjalankan program ini dengan memberikan bantuan sekitar 1200 lampu solar LED kepada masyarakat du 6 desa di wilayah Tambun, Bekasi.

Apa Komentar Kamu?