SHARE

image-satunegeri

satunegeri.com – Dalam Berlinale, Festival Film Internasional ke-64 yang diselenggarakan di Berlin, Jerman pada 6-16 Februari 2014 lalu, Film pendek karya Aditya Ahmad berjudul “Sepatu Baru” berhasil memenangkan Special Mention dari juri anak-anak untuk Film Pendek Terbaik kategori Generation KPlus.

Dalam kategori tersebut, terdapat dua tim juri. Tim juri anak-anak, yang usianya tak lebih dari usia para penonton yang menjadi target kategori ini dan tim “juri internasional” yang diambil dari pelaku film profesional.

Aditya Ahmad yang baru masuk ke Berlinale film Festival tersebut menyatakan bahwa kemenangan tersebut merupakan kejutan untuknya. Lebih-lebih, film ini dipilih oleh para juri anak-anak Jerman, yang secara budaya jauh dari tradisi yang diungkap di film ini.

Berlinale adalah festival film bergengsi dunia yang diselenggarakan sejak 1950 pada tiap Februari. Festival yang menjadi barometer seni film di dunia ini diliput sekitar 3.700 media setiap tahunnya juga dihadiri oleh sekitar 20.000 pekerja film dari 124 negara.

Dalam film tersebut, Aditya memunculkan seorang anak perempuan (Isfira Febiana) yang bekerja keras dengan segala cara untuk menghentikan hujan —melalui tradisi lama melemparkan celana dalam ke atap. Anak itu sampai berusaha mencuri celana dalam tetangga. Ternyata kerja kerasnya itu dilakukan, agar ia bisa mengenakan sepatu barunya.

Pada Desember 2013, “Sepatu Baru” meraih penghargaan “Special Mention Award” dari juri di Jogja-NETPAC Asian Film Festival dan ditonton antara lain oleh John Badalu, “festival delegate” Berlinale untuk Asia Tenggara. John Badalu lalu mengusulkan film ini ke Berlinale, dan tim seleksi Berlinale meloloskannya untuk kategori Generation KPlus. Dan ternyata menang.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

two + 3 =