SHARE

maryam film

Satunegeri.com – Di ajang festival film internasional tertua di dunia, Venice Film Festival, Film pendek karya Sidi Saleh, yang berjudul “Maryam” berhasil meraih Orrizonti Award untuk Best Short Film pada malam penganugerahan “71st Venice International Film Festival” yang berlangsung pada 6 September lalu di Venezia, Italia.

Prestasi yang membanggakan tersebut didapatkan Didi Saleh setelah menyisihkan 11 film pendek lain dari berbagai negara dalam segmen Orrizonti (Horizon). Orrizonti adalah segmen dalam Venice Film Festival yang mempertontonkan dan melombakan film-film yang dianggap mewakili perkembangan dan tren dalam pembuatan film di dunia.

Maryam merupakan karya kedua Sidi Saleh yang sebelumnya juga berhasil ke tingkat internasional pada 2013 dengan judul “Fitri” dengan menyabet juara pada Claremont-Ferrand International Short Film Festival di Paris. Film “Fitri” sendiri terpilih menjadi 75 film kategori pendek terbaik dari 7.500 film yang masuk ke panitia.

Film “Maryam” menceritakan bagaimana seorang pembantu rumah tangga bernama Maryam yang sedang hamil bekerja di salah satu rumah keluarga Katholik yang ditinggal sendirian untuk mengurus majikan laki-laki yang memiliki gangguan autis.

Majikannya meminta Maryam yang seorang Muslim dan tidak mengerti apa-apa tentang Natal dan prosesi misa untuk mau membawanya pergi merayakan Natal ke salah satu gereja mewah di Jakarta.

Dengan pikiran yang masih ragu dalam kondisi hamil, Maryam mencoba mengikuti keinginan majikannya tersebut. Setelah sampai di gereja dengan menggunakan bajaj terdapat gejolak batin di hati Maryam, namun dia tidak mungkin meninggalkan majikannya sendirian.

Majikan Maryam ikut berdoa dan merasakan suasana misa di dalam gereja, sementara Maryam mencoba mengikuti prosesi misa dengan hati yang berkecamuk antara keharusan membantu sang majikan dan ketidaktahuannya mengenai prosesi misa sendiri.

Akhirnya, prosesi misa dilalui Maryam bersama majikan dalam gereja tersebut, namun tidak sampai selesai karena Maryam dan majikannya keluar dan memutuskan untuk pulang.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

four × 3 =