SHARE

Sejak pertama kali terjadinya gempa di Donggala, Sulawasi Tengah. Sampai Sabtu (29/9) siang ini, sebanyak 32 lembaga amil zakat di bawah koordinasi Forum Zakat (FOZ) terjun ke lokasi bencana dan melakukan aksi tanggap darurat untuk membantu para korban disana.

Berdasarkan pemutakhiran data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB), jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, meningkat drastis dari 48 orang menjadi 384 orang meninggal.

Selain ratusan korban meninggal, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tercatat 29 orang hilang dan 540 luka berat.

Menurut Ketua Umum FOZ, Bambang Suherman, fokus FOZ adalah memastikan adanya koordinasi yang baik antara anggota FOZ yang ada di lapangan. “Koordinasi ini penting dilakukan, karena dengan kordinasi yang baik tiap tahapan respon tanggap bencana ini akan lebih efektif, merata dan menjangkau lebih banyak daerah terdampak”, tambahnya.

Bambang menambahkan bahwa jumlah lembaga amil zakat di bawah koordinasi FOZ yang terjun membantu korban akan terus bertambah.

Forum Zakat (FOZ) merupakan asosiasi lembaga pengelola zakat yang beranggotakan 257 lembaga di seluruh Indonesia.

Apa Komentar Kamu?