SHARE

image-satunegeri

satunegeri.com – Demi menciptakan menciptakan ketahanan energi nasional, desain besar (grand design)dalam pengelolaan sumber-sumber energi di Tanah Air sangat diperlukan. Hal itu dikatakan Anggota Komisi VII DPR RI, Totok Daryanto.

Menurutnya, tidaklah sulit menjadikan Indonesia keluar dari 'jebakan' net oil importer dan tak lagi tergantung kepada negara penghasil minyak.

"Indonesia merupakan penghasil batu bara yang kini banyak diekspor ke berbagai negara. Energi fosil asal perut bumi ini harus diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan energi nasional, seperti untuk menyuplai bahan baku pembangkit listrik," katanya seperti yang dilansir harian Investor Daily, Jakarta, Senin (30/12).

untuk memanfaatkan energi yang lebih ramah lingkungan, seperti gsa bumi, menurut Totok, Pemerintah harus berani mengambil langkah dan kebijakan untuk membangun infrastruktur guna menunjang penyaluran gas.

Selain itu, tambahnya, Indonesia juga kaya akam sumber-sumber energi terbarukan, mulai dari minyak kelapa sawit sebagai bahan bakar nabati (BBN), energi air, panas bumi, angin dan tenaga surya yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik. Saat ini Indonesia adalah produsen terbesar minyak sawit di dunia.

"Kita harus optimalkan berbagai energi, baik fosil hingga terbarukan. Sumber energi Indonesia banyak, seharusnya tidak krisis dan menjadi net oil importer," tuturnya.

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

three × 4 =