SHARE

istana_mahasiswa

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam hormat,
Kami sampaikan hasil pertemuan bersama Presiden Ir. Joko Widodo di Istana Negara semalam.

Kronologis:
Perlu dijelaskan kepada rekan-rekan sekalian kami mendapatkan undangan dari istana tepat hari minggu (17/5) yang mana dalam undangan tersebut disebutkan akan ada “Jamuan Santap Malam” bersama Presiden Republik Indonesia.

Setelah didiskusikan dengan beberapa kawan-kawan Presiden Bem di Bandung maka kami putuskan  untuk menghadiri undangan tersebut. Adapun kedatangan & komitmen kami menghadiri undangan dari istana ini adalah untuk menyampaikan beberapa kajian & tuntutan dari mahasiswa sebagai rekomendasi dalam perbaikan kondisi bangsa. Selain itu, kami pun memfollow up hasil konferensi pers mahasiswa Jawa Barat di Gedung Indonesia menggugat jum’at lalu dengan memberikan surat undangan secara langsung kepada presiden untuk hadir dalam dialog terbuka bersama mahasiswa dan rakyat Jawa Barat.

Dalam forum tertutup tersebut yang bertempat di Istana Negara kami berkesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Bapak Presiden Joko Widodo. Hadir pula bapak Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto dan bapak Teten Masduki sebagai moderator forum.tersebut.

Catatan hasil diskusi:
1. Presiden Jokowi mengakui bahwa di pemerintahan hari ini hampir di setiap sektornya ada mafianya, semisal di bidang perikanan setiap harinya terdapat 7000 kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia dan dalam setahun merugikan negara sebesar 300 Teriliun.

2. Saat ditanya pengembalian subsidi BBM dari mekanisme harga pasar, pihak istana memastikan tidak akan merubah kebijakan tersebut dengan alasan pengalihan ke sektor produktif & bagian strategi dalam mendewasakan mental masyarakat, terlebih subsidi ini justru 80%-nya lebih banyak dimanfaatkan kalangan atas. Beliau pun menambahkan ke depan direncanakan akan ada batas maksimal dari harga BBM ini dalam kisaran Rp.9.500-Rp.10.000,.

3. Menanggapi beberapa kasus korupsi, ke depan akan diperbaiki di sistemnya yaitu dengan e-budgeting supaya bisa meminimalisir tindakan korupsi menurut hemat jokowi.

4. Di bidang energi, Jokowi menekankan bahwa selama 50 tahun Indonesia tidak memperoleh 1% pun dari pengelolaan blok mahakam yang sejauh ini dikuasai TOTAL & INPEX (Prancis & Jepang), namun dengan berakhirnya kontrak, pemerintah akan mengupayakan untuk mengambil alih saham blok Mahakam meski tidak menyanggupi 100% (hanya mayoritas saja). Upaya ini juga akan dilakukan untuk Freeport k depan, entah kapan.

5. Mengenai kasus-kasus pelanggaran HAM, dari presiden berjanji untuk siap melakukan pengusutan, mulai dari tragedi trisakti, semanggi dan lain-lain, hanya sejauh ini akan lebih fokus dulu dengan penanganan kasus yang masih hidup.

6. Di bidang pendidikan Jokowi berjanji akan meninjau kembali aturan yang mewajibkan kuliah maksimal 5 tahun & pelaksanaan UKT, terhitung 24 jam dari pertemuan diskusi semalam.

Penekanan dialog terbuka:
Dalam setiap sesi kesempatan yang kami dapatkan, kami senantiasa mengingatkan bahwasanya  mengundang beliau untuk dialog terbuka di depan publik tentang kondisi permasalahan bangsa. Mengingat konferensi pers yang sudah kami lakukan sebagai mahasiswa Jawa Barat di gedung Indonesia Menggugat Jumat lalu dengan batas terakhir meresponnya adalah tanggal 19 Mei 2015 pukul 23.59 WIB. maka jika tidak terpenuhi kami siap  menjemput paksa beliau. Sejauh ini respon sebatas mengiyakan tanpa memberi kepastian.

Maka kami sampaikan bahwasanya kami masih menunggu konfirmasi beliau untuk hadir dan kami akan tetap bersikap tegas memegang komitmen yang telah disampaikan dalam konferensi pers jumat lalu.

Demikian,
Kita lihat itikad baik beliau, atau sebaliknya.
Hidup Mahasiswa.! Hidup Rakyat Indonesia.!

Terimakasih, wassalam.
Selasa, 19 Mei 2015

 

Tertanda,
Aa Habib Baihaqi (Presiden Kema UNPAD), Dede Tata Abdul Fathah (Presiden BEM Rema UPI), M. Pramaditya Garry Hanantyo (Presiden KM ITB), Aidil Afdan Pananrang (Presiden BEM Telkom University), Ovi Hendri (Presiden BEM Politeknik STTT Bandung)

Apa Komentar Kamu?