SHARE

SONY DSC

Satunegeri.com -Hamparan pelangi seluas 300 kilometer persegi dengan warna-warni yang cerah bukan merupakan hasil editan foto atau rekayasa manusia, tapi itu terjadi dengan alami, pegunungan tersebut merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China.

Warna yang muncul dari permukaan gunung tersebut, berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu. Walaupun begitu di sana tidak ditemui tumbuhan atau hewan apapun karena kondisi tanahnya yang tandus.

Fenomena alam yang menakjubkan ini merupakan contoh geomorfologi petrografi yang terbentuk karena kondisi lingkungan. Hujan dan angin yang menerpa daerah itu selama jutaan tahun juga ikut andil dalam membentuk ceruk, lembah, dan pola warna Zhangye Danxia. Konon gunung ini akan menampilkan pola warna yang berbeda-beda, tergantung kondisi cuaca.

Selain itu, hangye Danxia juga memiliki gua-gua yang tersembunyi di balik perbukitan. Karena keunikan kondisi alamnya tersebut, World Heritage Committee UNESCO memasukkan gunung ini dalam daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2010.

Saat gunung ini pertama kali diketahui khalayak melalui foto yang beredar di dunia maya, banyak yang beranggapan kalau pola pelanginya merupakan hasil rekayasa komputer. Sekarang Zhangye Danxia menjadi salah satu objek wisata paling dicari di China, menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi bagi penduduk Zhangye. Warga setempat juga berinisiatif untuk membangun jalan agar para pengunjung bisa lebih mudah mengakses perbukitan tersebut.

Apa Komentar Kamu?