SHARE

Satunegeri.com – Berkat Ramya Prajna S yang merupakan Co-Founder Think Web, kini Youtube dapat dinikmati oleh para penyandang tunanetra. Bekerja sama dengan Yayasan Mitra Netra Think Web telah meluncurkan website video yang ditujukan bagi tunanetra, yaitu YouTube For The Blind dengan URL YouTubeForTheBlind.com .

Menurut Ramya dasar dibuatnya saluran Youtube untuk tuna netra tersebut adalah saat ia mencari tahu, bahwa para tunanetra tersebutjuga menggunakan digital channel, termasuk YouTube, tetapi fungsinya sebatas audio saja.

YouTube For The Blind pada dasarnya adalah website yang menampilkan video-video populer di situs YouTube, namun yang membuat beda adalah video-video yang ditampilkan di website itu memiliki fitur text to speech, yakni software akan membacakan teks (audio) yang telah di-input sebelumnya.

Nantinya video yang ditayangkan akan diberikan narasi teks oleh tim relawan. Teks itulah yang akan dibacakan dan bisa didengar oleh para penderita tunanetra saat mengakses video.

Saat ini jumlah video yang dimuat di situs tersebut pun masih terbatas, sekitar 30 hingga 40 video saja. Namun Ramya mengatakan akan terus meningkatkan jumlah konten video yang ada di dalam situs tersebut. Selain itu, Think Web juga akan membuka pendaftaran bagi sukarelawan yang ingin mengisi narasi teks untuk video.

Untuk saat ini, (relawan) masih dari internal. Ke depannya akan dibuka untuk publik sehingga semua bisa memberikan deskripsi video,” ujar Ramya. “Gampang kok, kita hanya melihat video dan mengetikkan apa yang terjadi dalam video itu,” imbuhnya.

Apa Komentar Kamu?