SHARE

3liberalisasi

Jean Tirole (Peraih Hadiah Nobel Ekonomi 2014
Dosen di Toulouse School of Economics Perancis)

 

“Dominasi itu Buruk dan Mengingatkan Bahaya Pasar tanpa Aturan”.

“Keberadaan perusahaan besar dengan modal besar yang dimilikinya walau jumlahnya sedikit tetapi memiliki kekuatan yang dahsyat, selanjutnya ini memunculkan DOMINASI. Perilaku perusahaan pun cenderung anti persaingan sehingga menggusur para pesaing. Kerugian di lini terakhir adalah konsumen.

Hasil risetnya selama bertahun-tahun tentang kekuatan pasar dan regulasi, memudahkan pemerintah memahami dan memiliki cara menghadapi beberapa perusahaan besar yang dominan. Inti penelitiannya adalah struktur industri, bahwa sebuah industri yg hanya dilakoni segelintir perusahaan besar akan melahirkan monopoli jika pelaku adalah satu, dan oligopoli jika hanya ada beberapa perusahaan besar.

 

Kekuatan perusahaan dominan ini cenderung memengaruhi para regulator lewat SOGOK atau SUAP. Dan menghambat masuknya pesaing baru. Sehingga tidak ada persaingan yang sehat. Perusahaan dominan ini bekerja TIDAK RAMAH, BOROS sumber daya, TIDAK EFESIEN, menentukan harga sewenang-wenang demi keuntungan besar, tetapi produk atau jasa nya tetap dibeli karena hanya dia yang mendominasi.

Hasil risetnya di sektor telekomunikasi dan perbankan dan menjelaskan kegagalan keadaan ekonomi sekarang. Inggris dan AS adalah negara dengan dominasi para pelaku sektor keuangan berskala besar. Beberapa bank kaliber internasional penentu suku bunga untuk pinjaman antar-bank di London, misalnya berkolusi untuk manipulasi suku bunga demi keuntungan sendiri.

 

Dominasi sektor keuangan AS dengan kemampuan mendongkrak harga saham memanipulasi pinjaman di sektor perumahan disertai lobi-lobi dahsyat sebagai penyebab kehancuran ekonomi AS.
Juga hasil riset ini membuat dunia bisa memahami kegagalan pasar sejak 1980-an. Ini sekaligus pengingat tentang bahaya langkah yang pernah gencar dilakukan Pemerintah AS yang melulu mengandalkan mekanisme pasar murni, mendorong persaingan bebas dan liar. Itu semua memunculkan perusahaan besar yang mendominasi dan akibatnya malah sulit diatur.

Jadi penting sekali Pasar untuk Diregulasi, terutama sejak krisis 2008.

Apa Komentar Kamu?