SHARE

mobil_UII_3

Satunegeri.com – Dalam keterangan tertulisnya, Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta yang tergabung dalam tim Ulil Albab UII, menyatakan telah menciptakan sebuah mobil listrik berbasis android, yang diberi nama Mobil Listrik Kaliurang UNISI.

Sistem android yang ditanamkan pada bagian kemudi mobil listrik tersebut berfungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai, dan hiburan. Selain itu juga dilengkapi dengan perangkat tablet android.

“Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang kami buat sendiri, speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, hiburan, dan fungsi lainnya ada dalam tablet android. Tak hanya sebagai pusat kendali, tablet digunakan juga menjadi pusat komunikasi dan entertainment,” tulis tim Ulil Albab UII.

Mobil listrik tersebut memiliki spesifikasi bobot 140 kilogram ini memiliki dimensi panjang rangka utama 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, dan tinggi 1,2 meter. Komponen penggerak tenaga dari baterai tipe GS-NS60 12 volt dengan arus 45Ah.

Mobil Listrik Kaliurang UNISI tersebut pernah mengikuti ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia Ke – VI di Bandung pada September 2014 lalu. Selanjutnya, tim Ulil Albab UII berencana untuk mengikutsertakan mobil listrik ini ke kompetisi internasional Formula Students Automotive Engineer Japan ( FSAE Japan).

Apa Komentar Kamu?