SHARE

76Medco-logo

Satunegeri.com – PT Medco Energi Internasional Tbk mengumumkan bahwa anak perusahaannya, Medco Oman LLC (bersama disebut “Perseroan”) telah menandatangani Amandemen Perjanjian Karim Small Fields (“Amandemen KSF”) dengan Petroleum Development of Oman (“PDO”) pada 28 April 2015. Penandatanganan dilakukan oleh Managing Director PDO, Raoul Restucci dan Direktur Utama Perseroan, Lukman Mahfoedz serta disaksikan oleh Menteri Minyak dan Gas Oman Dr. Mohamed bin Hamad Al Rumhy, Duta Besar RI untuk Oman, Sukanto dan Komisaris Utama Perseroan, Hilmi Panigoro. Kontrak Amandemen KSF ini menegaskan perubahan  aspek komersial dan teknis Kontrak Jasa Pengoperasian KSF yang sebelumnya telah ditandatangani oleh Perseroan (bersama mitra) dengan PDO pada tahun 2006 untuk periode kontrak sepuluh tahun.

Beberapa hal baru yang ditetapkan dalam Kontrak Amandemen KSF antara lain, tambahan masa kontrak 25 tahun bagi Perseroan (bersama mitra) untuk mengoperasikan lapangan minyak Karim Small Fields yang berlaku efektif setelah penandatanganan Amandemen KSF, program eksplorasi untuk pengeboran tiga sumur pada dua tahun pertama, adanya tiga skema bagi hasil yang ditentukan oleh besarnya biaya produksi di mana skema ini akan memberikan keekonomian yang lebih baik kepada kontraktor, dan pemberian insentif untuk penemuan minyak dan gas (Migas) berdasarkan jumlah sumber daya atau cadangan Migas yang ditemukan.

Sebagai operator di Karim Small Fields, Perseroan menguasai 51% kepemilikan saham. Sedangkan Kuwait Energy Company (KEC) dan dua mitra lokal, dan Oman Oil Company Exploration & Production (OOCEP) memiliki sisanya. Sejak beroperasi tahun 2007, Perseroan telah berhasil menggandakan produksi minyak Karim Small Fields hingga  mencapai puncak produksi lebih dari 22.000 barel minyak per hari (BOPD) di tahun 2012, dengan total jumlah sumur pengembangan yang telah dibor hingga saat ini mencapai lebih dari 250. Saat ini rata-rata jumlah produksi minyak sebesar 17.000 BOPD.

Lukman Mahfoedz, Direktur Utama MedcoEnergi mengatakan, “Kami gembira dengan kesepakatan Kontrak KSF yang baru, dengan perubahan nilai komersial yang lebih baik serta kesempatan yang lebih besar untuk melakukan eksplorasi untuk mencari sumber-sumber hidrokarbon baru. Perpanjangan masa kontrak 25 tahun ini merupakan bukti sukses MedcoEnergi mengoperasikan lapangan KSF dengan keberhasilan menggandakan produksi minyak dalam 9 tahun terakhir. MedcoEnergi akan terus memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Oman dan PDO dalam 25 tahun kedepan untuk meningkatkan produksi minyak, melakukan kegiatan eksplorasi dalam rangka menemukan cadangan Migas baru dan tentunya mempertahankan keselamatan kerja dalam kegiatan operasinya.” Lukman menutup dengan, “Tim operasi kami di Oman, yang saat ini terdiri dari lebih 80% warga Oman, telah bekerja secara ekstensif dalam meningkatkan nilai operasi MedcoEnergi di arena internasional serta mendukung strategi bisnis Perseroan dalam memperkuat portofolio aset-aset produksi. Ke depannya, kami akan menambah kesempatan kerja kepada pekerja lokal, tidak hanya di Oman tetapi juga di area operasi kami secara global.”

Apa Komentar Kamu?