SHARE

7PLTHM

Satunegeri.com – Untuk membuat desa bisa mandiri energi dan tidak tergantung pada Perusahaan Listrik Negara (PLN). Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, akan mengupayakan dengan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di desa secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan energi listriknya sendiri, sekaligus menghilangkan ketergantungan terhadap pasokan energi listrik dari luar.

“Kami akan dorong setiap desa memiliki kemampuan untuk memenuhi sendiri lebih dari 60 persen kebutuhan energi listrik dan bahan bakarnya dari energi terbarukan yang dihasilkan melalui pendayagunaan sumber daya yang dimiliki desa,” kata Menteri Marwan.

Menurutnya, desa memiliki banyak sumber daya yang dapat menghasilkan energil istrik, baik dari sumber pertanian yang bisa menghasilkan biofuel dan agrofuel, maupun dari sumber non pertanian seperti penggunaan mikrohidro, tenaga surya dan biogas.

Karena itu, Menteri Marwan akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara BUMN dan pengusaha swasta untuk mendukung program itu.

“Jika desa dapat mewujudkan kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan energinya, saya optimistis desa dengan sendirinya akan berkembang, kegiatan sosial dan ekonominya akan berjalan baik, masyarakatnya bisa berusaha dan bekerja, memiliki pendapatan untuk hidup layak dan sejahtera,” kata dia.

Apa Komentar Kamu?