SHARE

21smelter_steel_furnace

Satunegeri.com – Terkait usulan yang diberikan Komisi VI DPR, tentang kerjasama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dengan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dalam proyek smelter grade alumina (SGA) di Mempawah, Kalimantan Selatan, akan disetujui oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Menurut Rini, pihaknya sepakat Inalum bisa bekerjasama dengan menyertakan modal di proyek tersebut.

Ia juga berjanji akan secepatnya menyuntikan modal Antam dengan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebanyak Rp 3,5 triliun sesuai dengan persetujuan yang diberikan Komisi VI DPR tadi malam.

kerjasama ini bertujuan agar total investasi pembangunan proyek sekitar Rp 20 triliun bisa tertutupi. Selain itu, rencana joint venture tersebut juga dilakukan demi menjamin pasokan bahan baku alumina untuk memproduksi aluminium ingot (batangan) yang bahan bakunya masih impor dari Australia.

Sebelumnya Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Harjanto mengatakan setidaknya ada 27 komitmen proyek pembangunan smelter yang tercatat di kementeriannya senilai US$ 35,51 miliar. Pembangunan puluhan pabrik pengolahan dan pemurnian bahan galian tambang tersebut diyakini bisa menghemat devisa sebesar US$ 15,54 miliar jika sudah beroperasi seluruhnya.

Apa Komentar Kamu?