SHARE

64karet-getah

Satunegeri.com – Pemerintah melalui kementerian pertanian akan menerapkan sertifikasi legalitas komoditas karet untuk kebun rakyat, hal tersebut dilakukan untuk mendukung pembangunan karet berkelanjutan (Indonesian Sustainable Natural Rubber).

sistem sertifikasi tersebut menurut Staf Ahli Direktur Tanaman Tahunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan, Herna Komara, bersifat mandatory bagi semua pelaku usaha (petani) perkebunan karet rakyat.

Peraturan atersebut ditargetkan selesai tahun ini, sehingga dapat dilaksanakan pada awal 2015. Tenggang waktu sampai dengan 2015 dibuat karena tuntutan dari permintaan luara negeri yang meminta kepastian sustainable,

Herna memaparkan bahwa untuk kriteria sertifikasinya meliputi panen dan pasca panen, pengelolaan dan pemantauan lingkungan, penerapan pedoman teknis budidaya, legalitas dan pengelolaan kebun, tanggung jawab sosial dan komunitas dan tanggung jawab terhadap pekerja.

Namun beleid ini bukannya tidak ada kendala, jumlah kebun rakyat yang berskala kecil dan jumlahnya yang banyak menjadi masalah tersendiri, berbeda dengan perusahaan karet yang jumlahya dapat dihitung.

“Kami akan coba ada kajian, sosialisasi ke daerah-daerah dengan bantuan asosiasi petani dan dinas terkait untuk menerapkan ini. Semoga tahun depan sudah ada dan dilakukan bertahap,” katanya

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

1 × three =