SHARE

99Nelayan

Satunegeri.com – Untuk mengoptimalkan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), tahun ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan 50 ribu converter kit secara gratis kepada nelayan.

Hal tersebut menurut Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Naryanto Wagimin, Rabu (14/1) dilakukan untuk mengetahui jumlah nelayan sekaligus spesifikasi tabung (gas) yang cocok, selain itu dari sisi keselamatan setelah digunakan juga akan dikaji.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), saat ini terdapat sedikitnya 4,7 juta nelayan yang tersebar di beberapa wilayah. Sedangkan data lainnya menyebut saat ini terdapat 15 juta nelayan. “Nah data mana yang mau dipakai, kita tidak dapat dokumennya. Sehingga kita harus mengadakan studi sendiri,” katanya.

Selain pembagian Converter kit, pemerintah juga akan membangun  jaringan gas bumi untuk rumah tangga di dua lokasi dengan jumlah masing-masing sebanyak 8 ribu sambungan rumah.

Bahkan, Menteri ESDM Sudirman Said telah meminta tambahan dana Rp 5 rriliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015 yang saat ini tengah disusun.

Dari anggatan tersebut, Rp 4,6 triliun akan digunakan untuk memulai program konversi, dan sisa dana sekitar Rp 400 miliar akan dipakai untuk mendanai proyek 47 pembangkit listrik di beberapa daerah terpencil dan terluar Indonesia yang diprediksi menelan biaya investasi sebesar Rp 1 triliun.

Apa Komentar Kamu?