SHARE

Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi memberikan keterangan pers terkait rencana eksekusi mati dua warga negara Australia di Kantor Kemenlu Jakarta, Selasa (17/2).

Satunegeri.com – Dalam keterangannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin(6/4) menyatakan bahwa hingga kini Kementerian Luar Negeri sudah memulangkan 700 warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman ke Tanah Air.

Yang terakhir kali berhasil di evakuasi adalah 92 WNI yang dievakuasi ke luar Yaman yaitu di Jizan, Arab Saudi, dan tinggal menunggu proses pemulangan ke Indonesia. Selain itu  tim percepatan evakuasi juga sedang mengupayakan evakuasi 150 WNI dari Tarim dan Al Mukalla.

Ia juga telah meminta perwakilan tetap Indonesia di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mengikuti dari dekat pembahasan situasi di Yaman dengan tujuan mendorong langkah konkrit demi terwujudnya jeda kemanusiaan.

Karena jika jeda kemanusiaan berlaku, maka pemerintah bisa cepat melakukan evakuasi, terutama untuk WNI yang saat ini tertahan di Aden. Kondisi di Aden sendiri semakin mencekam karena saat ini menjadi pusat konflik antara pemberontak Houthi dan pasukan koalisi Arab Saudi. Dilaporkan puluhan warga sipil tewas karena serangan terbaru di sana.

Apa Komentar Kamu?