SHARE

image-satunegeri

satungeri.com – Meski target ekspor komoditas perikanan tahun ini terbilang tinggi, namun target tersebut diyakini dapat terpenuhi. Hal itu dikatakan oleh Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Saut Hutagalung, Rabu (26/3).

Menurutnya dibanding tahun lalu, dimana realisasi ekspor hanya USD4,2 miliar, namun untuk tahun ini target ekspor komoditas perikanan naik menjadi USD5,1 miliar.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena produksi udang yang cukup tinggi sementara negara-negara lain masih drop karena adanya penyakit udang. "Karena itu naik sampai USD5,1 miliar," ujar Saut. Selama ini kenaikan target ekspor menurut Saut biasanya pada angka USD200 miliar saja.

Promosi ke pasar internasional menurut Saut akan dilakukan untuk mencapai target tersebut, Yang terbaru adalah pameran makanan laut terbesar di Amerika Seafodd Expo North America (SENA) di Boston, Amerika Serikat pekan lalu.

Pasar udang tertinggi adalah Amerika Serikat dengan nilai USD900 ribu dari toral ekspor perikanan ke Amerika Serikat sebesar USD1,4 miliar. Kebutuhan udang Amerika Serikat setiap tahunnya sekitar 570 ribu ton. Indonesia memasok sekitar 140 ribu ton udang di antaranya.

SElain promosi, seminar soal produk perikanan di Indonesia di luar negeri  jug aakan dilakukan, Seminar ini menjelaskan bagaimana penangkapan dan pengolahan ikan Indonesia menggunakan motto "Safe dan Suistanable" atau aman dan berkelanjutan.

"Pembeli itu ingin mendapat nilai tambah dari produk yang dibeli," kata Saut. Salah satu nilai tambah yang dicari dari keamanan dan pengolahan serta keberlanjutan dalam penyediaan stok.
 

Seminar ini menjelaskan bagaimana penangkapan dan pengolahan ikan Indonesia menggunakan motto "Safe dan Suistanable" atau aman dan berkelanjutan.

"Pembeli itu ingin mendapat nilai tambah dari produk yang dibeli," kata Saut. Salah satu nilai tambah yang dicari dari keamanan dan pengolahan serta keberlanjutan dalam penyediaan stok.
– See more at: http://www.jurnas.com/news/129363/Target-Ekspor-Perikanan-Naik-Drastis-2014/1/Ekonomi/Ekonomi#sthash.t91Jx2aJ.dpuf

Apa Komentar Kamu?

LEAVE A REPLY

four × four =