SHARE

medium_39kelapa-sawit-130414b

Satunegeri.com – Dalam keterangan tertulisnya, Dirjenbun Kementerian Pertanian Gamal Nasir, mengatakan bahwa Penerapan program revitalisasi perkebunan (Revitbun) dengan akhir 2014 telah mendapat persetujuan perbankan untuk pembiayaan bagi sekitar 230 ribu ha kelapa sawit rakyat, dengan plafon sebesar Rp12,2 triliun untuk kegiatan Revit-Bun peremajaan dan perluasan dengan melibatkan 118 ribu kepala keluarga untuk seluruh Indonesia.

Ia berharap Revitbun denganĀ  inovasi pembiayaan kelapa sawit pada lahan 2 juta hektare (ha) milik petani swadaya, dapat memberikan kontribusi dalam pencapaian target pemerintah untuk produksi nasional Crude Palm Oil (CPO) sebesar 40 juta ton di tahun 2020.

Selain itu di kesempatan terpisah, Kadin juga menginisiasi Program Inovasi Pembiayaan Agribisnis untuk mendukung program Pemerintah dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani swadaya. Kadin mendorong peran swasta untuk berkontribusi dalam pembangunan pertanian berkelanjutan.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Agribisnis dan Pangan Franky Oesman Widjaja, mengatakan bahwa Program tersebut dapat meningkatkan produktivitas kebun dan pendapatan petani swadaya hingga dua kali lipat, sekaligus mendorong pertumbuhan ekspor CPO dan produk industri hilirnya tanpa membuka lahan baru.

Untuk itu, PT BRI Agro Tbk menandatangani perjanjian Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP) mendukung program revitalisasi perkebunan (Revit-Bun) dengan Inovasi Pembiayaan dimana nilai kredit mencapai Rp48 miliar.

Kredit ini akan dikelola oleh Koperasi Petani Sawit (Kopsa) Berkat Ridho yang berlokasi di di Kabupaten Kampar, Riau. Kerjasama ini merupakan proyek perdana dengan fasilitasi Inovasi Pembiayaan seluas 500 hektare (ha) bagi petani sawit swadaya untuk kegiatan peremajaan kebun.

Program Revit-Bun dengan Inovasi Pembiayaan menargetkan peningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit petani swadaya dari 2,5-3 ton CPO per ha per tahun menjadi 5-6 ton CPO per ha per tahun.

Apa Komentar Kamu?