SHARE

pertamina RU III bersama Vendor

Satunegeri.com – Setelah melakukan berbagai rangkaian kegiatan pelestarian lingkungan hidup dengan melibatkan berbagai stakeholdersnya, kali ini Pertamina RU III Plaju, kembali menggandeng mitra kerja dan vendor dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam upaya melestarikan lingkungan hidup, khususnya di wilayah sekitar operasi Pertamina RU III Plaju.

Bertempat di Taman Komplek Pertamina Sungai Gerong (8/12), kegiatan pelestarian lingkungan dilakukan secara simbolis oleh 12 perwakilan perusahaan mitra kerja (vendor/kontraktor) RU III bersama HSE Manager, Yan Syukharial dan tim manajemen, dengan melakukan penanaman pohon langka jenis Cempaka Telok, Meranti, Merbau, Tembesu dan Cendana sebanyak 100 pohon.

Yan Syukharial dalam sambutannya menyampaikan, RU III sebagai salah satu unit operasi perusahaan energi khususnya dalam bidang pengolahan minyak dan gas, banyak bersentuhan dengan ekosistem lingkungan. Karena itu, RU III terus berkomitmen dalam melakukan berbagai upaya secara berkesinambungan dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup. “Salah satu upaya pelestarian lingkungan yang kami lakukan yaitu dengan turut melibatkan seluruh perusahaan mitra kerja (vendor/kontraktor) RU III karena mereka adalah salah satu stakeholders penting bagi keberlangsungan kegiatan operasional kami,” ujar Yan.

Lebih lanjut, kegiatan pelestarian lingkungan hidup ini merupakan bagian dari komitmen dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup RU III Plaju, di mana setiap mitra kerja (vendor/kontraktor)  RU III dihimbau untuk melakukan penghijauan, serta pelestarian fauna di sekitar wilayah kerja RU III. “Sejauh ini implementasi kegiatan pelestarian lingkungan dengan mitra kerja / vendor RU III telah melestarikan keanekaragaman hayati dengan penanaman pohon langka dengan total sebanyak 583 pohon, pelepasan burung ke alam bebas sebanyak 326 ekor dan pelepasan bibit ikan ke Sungai Musi sebanyak ± 8000 ekor,” jelas Yan.

Dalam waktu dekat, RU III juga akan melakukan konservasi mangrove di Taman Nasional Sembilang – Banyuasin, Sumatera Selatan, dimana saat ini masih dalam proses penjajakan menuju pembuatan MoU. Konservasi mangrove di Taman Nasional Sembilang, akan dilaksanakan bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Sembilang sebagai penerima bantuan dan menggandeng pihak ketiga sebagai pelaksana kegiatan,  monitoring dan evaluasi.

Upaya tersebut dilakukan RU III Plaju, dalam mendorong daerah operasinya meraih peringkat emas pada PROPER tahun 2015. Seperti diketahui pada 2 Desember 2014, RU III kembali berhasil meraih penghargaan PROPER Hijau.

Apa Komentar Kamu?