SHARE

napolitano_giorgio

Satunegeri.com – Setelah menjabat selama sembilan tahun, Presiden Italia Giorgio Napolitano pada hari Rabu (14/1), menyatakan mengundurkan diri. Ia menyatakan Umur yang sudah tua menjadi salah satu alasan pengunduran diri Napolitano sebelum menyelesaikan tujuh tahun, di periode keduanya.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Napolitano sebenarnya enggan menerima jabatan pada 2013 lalu, namun kala itu parlemen gagal mencari penggantinya, dimana parlemen dan perwakilan daerah harus memilih pengganti Napotilano dalam waktu 15 hari.

Kendati, jabatan presiden lebih banyak untuk keperluan seremonial, posisi presiden di Italia juga mengepalai angkatan bersenjata, bisa menolak aturan yang dinilai tidak sejalan dengan konstitusi. Presiden juga bisa membubarkan parlemen, mencalonkan perdana menteri dan meminta pemilihan lebih awal.

Menjabat selama sembilan tahun, Napolitano merupakan presiden dengan masa jabatan paling lama di Italia. Napolitano memastikan stabilitas negara di tengah ketidakstabilan pemerintah saat resesi terburuk sejak Perang Dunia II.

Saat krisis, Napolitano menunjuk Mario Monti sebagai Perdana Menteri Italia menggantikan Silvio Berlusconi. Penunjukan itu bertujuan untuk meyakinkan pasar bahwa Italia bisa mengatasi krisis.

Apa Komentar Kamu?