SHARE

56yusuf-mansur

Satunegeri.com – Para ulama sepakat, puasa hari Arafah adalah puasa sunnah dalam sehari yang paling utama. Keutamannya diterangkan dalam hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam,Puasa hari Arafah; aku berharap kepada Allah akan menghapuskan dosa setahun yang telah lalu dan setahun sesudahnya. (HR. Muslim)

Dalam redaksi lain, Dan beliau ditanya tentang puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab: Ia menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun sesudahnya. (Muslim)

Al-Madhiyah: Setahun yang telah lalu, yakni pada tahun tersebut karena yaum Arafah berada di penghujung tahun. Sedangkan al-Baqiyah: setahun yang akan datang. Jadi puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun.

Karenanya, mari kita berpuasa Arafah yang tahun ini insya Allah jatuh pada rabu 23 September 2015, untuk meninggikan derajat kita, memperbanyak catatan kebaikan kita, dan menghapuskan dosa-dosa kita.

Dosa yang akan dihapuskan melalui puasa ini adalah dosa-dosa kecil, bukan dosa besar. Karena dosa besar membutuhkan taubat darinya. Sedangkan dihapuskannya tersebut memiliki syarat, yakni: dengan meninggalkan dosa-dosa besar. Hal ini seperti firman Allah Taala,
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar yang kalian dilarang mengerjakannya, nisacaya kami hapuskan kesalahan-kesalahan (dosa-dosa kecil) kalian (QS. Al-Nisa: 31)

Tafsir Ibnu Katsir berkata, Maksudnya: Apabila kalian jauhid dosa-dosa besar yang kalian dilarang darinya, kami hapuskan dosa-dosa kecil dari kalian dna kami masukkan kalian ke dalam surga.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, Shalat lima waktu, satu Jum’at ke Jum’at berikutnya, satu Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menjadi kafarah (penghapus dosa) di antara keduanya jika dijauhi dosa-dosa besar. (HR. Muslim)

Di samping berpuasa pada hari Arafah, dianjurkan juga untuk memperbanyak amal-amal shalih lainnya seperti shalat sunnah, sedekah, zikir, takbir, tilawah Qur’an, berbakti kepada orang tua, dan amal-amal shalih lainnya. Ini berlaku pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah secara umum.

Apa Komentar Kamu?