SHARE

king-abdullah-saudi3

Satunegeri.com – Setelah sekian lama kesehatannya menurun,  Raja Saudi Arabia, Abdullah, meninggal dunia pada Jumat dini hari waktu setempat pada usia 90 tahun.

Abdullah sudah dirawat selama beberapa minggu terakhir di rumah sakit akibat infeksi paru-paru. Ia juga mengalami sejumlah gangguan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir.

Abdullah adalah putra ke-13 dari Raja Abdulaziz, pendiri Arab Saudi. Sistem tahta Arab Saudi sendiri menganut pewarisan dari putra tertua hingga termuda Abdulaziz, tidak seperti sistem primogenitiur dari generasi satu ke generasi lainnya.

Walau resmi naik tahta tahun 2005, Abdullah sendiri secara de facto sudah memerintah Saudi sejak pendahulunya Raja Fahd terkena stroke di tahun 1995. Abdullah dikenal sebagai sekutu dekat Amerika Serikat dalam memerangi gerakan teroris Al Qaeda dan ISIS.

Ungkapan duka juga sudah berdatangan, termasuk dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Presiden Barack Obama, Kamis petang waktu setempat, langsung mengirimkan ucapan duka untuk meninggalnya King Abdullah. Dia menyebut Raja Arab Saudi ini sebagai pemimpin yang berani mengambil langkah untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah.

Obama menyebut pula Abdullah sebagai teman yang berharga. “Sebagai seorang pemimpin, dia jujur dan punya keberanian,” ujar dia dalam pernyataan tertulis.

Apa Komentar Kamu?