SHARE

repsol SA

Satunegeri.com – Talisman Energy yang merupakan perusahaan migas asal Kanada, seluruh sahamnya telah diakuisisi oleh Perusahaan minyak dan gas asal Spanyol, Repsol SA dengan nilai transaksi mencapai US$ 8,3 miliar ditambah utang sebesar US$ 4,7 miliar.

Dengan membeli Talisman, maka Repsol akan menjadi salah satu dari 15 perusahaan migas swasta terbesar di dunia. “Akuisisi ini adalah kesepakatan yang transformatif dan menarik yang akan membuat kami sebagai salah satu pemain kunci di dunia, sekaligus akan memperkuat Repsol untuk tumbuh menjadi pemain yang kuat dan kompetitif,” kata Chairman Repsol, Antonio Brufau seperti yang diberitakan harian Investor Daily, Jakarta, Rabu (17/12).

Sementara itu, Chairman Talisman Energy, Chuck Williamson berharap dengan akuisisi tersebut,  Repsol akan dapat mengembangkan aset-aset yang dimilikinya. “Repsol adalah operator kelas dunia dengan track record yang solid dan tenaga ahli untuk melanjutkan pengembangan aset-aset ini,” ujar Chuck.

Saat ini Talisman juga sedang menggarp sejumlah blok migas yang berada di Indonesia. Diantaranya yaitu Talisman memiliki hak partisipasi di Blok Koridor, Ogan Komering, Jambi Merang, Sakakemang dan proyek Kilang Tangguh di Papua.

Selain itu, Talisman juga memiliki satu Blok eksplorasi yaitu Blok Andaman III di Sumatera Selatan dan dua studi bersama di Sumatera Utara dan dua studi bersama di Sumatera Selatan. Talisman juga mempunyai kepemilikan tidak langsung sebesar 6% saham di pipa Grissik-Duri dan Grissik-Singapura yang dipakai mengalirkan gas dari Blok Koridor.

Apa Komentar Kamu?