SHARE

salaman-al-saud

Satunegeri.com – Putra Mahkota Salman bin Abdulaziz Al Saud kini menggantikan Raja Abdullah yan telah tutup usia karen sakit.

Dalam pengumuman di televisi Arab Saudi disebutkan bahwa saudara tiri Raja Abdullah, Putra Mahkota Salman (79) menjadi raja yang baru. Salman telah menjalankan tugas raja sejak Raja Abdullah masuk rumah sakit.

Salman mulai memainkan peran yang lebih aktif dalam pemerintahan dan telah mewakili Saudi pada pertemuan penting di luar negeri. Dia juga pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri dan menteri pertahanan

Raja Salman juga meminta dewan keluarga kerajaan untuk mengumumkan Moqren sebagai putra mahkota dan ahli waris. “Yang Mulia Salman bin Abdulaziz Al Saud dan semua anggota keluarga dan bangsa meratapi penjaga dua masjid suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz, yang meninggal tepat pada 1.00 pagi ini,” kata pernyataan itu.

Sebelumnya Salman pernah menjabat sebagai Gubernur Provinsi Riyadh selama bertahun-tahun dan menikmati reputasi pemerintahan yang baik. Sosok Salman dikenal juga sebagai penegak keluarga

Diam-diam, Salman menyelesaikan masalah dengan beberapa ribu bangsawan yang tinggal di ibu kota. Salman juga aktif dalam mengumpulkan dana untuk mendukung mujahidin yang didorong untuk melawan Uni Soviet di Afghanistan pada 1980-an. Salman juga bekerja sama dengan pembentukan ulama Wahhabi.

Sementara itu, Putra Abdullah yakni Kepala Garda Nasional Pangeran Mitab dan Gubernur Mekkah Pangeran Mishaal mengaku telah mempercayai Salman.

Apa Komentar Kamu?