SHARE

badak LNG

Satunegeri.com – Sejak tahun 2013 PT Badak NGL sudah tidak lagi mempekerjakan tenaga kerja asing (expatriate), hal tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM nomor 31 tahun 2013 tentang ketentuan dan cara penggunaan tenaga kerja asing dan pengembangan tenaga kerja indonesia pada kegiatan usaha minyak dan gas bumi yang menyatakan bahwa dalam melaksanakan kegiatan usaha minyak dan gas bumi, kontraktor, badan usaha hilir atau perusahaan penunjang wajib mengutamakan penggunaan tenaga kerja Indonesia.

Direktur & COO PT Badak NGL, Yhenda Permana dalam keterangannya mengatakan bahwa sejak awal didirikan, PT Badak NGL mempekerjakan hampir 200 orang pekerja asing dengan berbagai disiplin ilmu.

Namun kini pekerja-pekerja Indonesia telah mampu menggantikan tanggung jawab pekerjaan yang sebelumnya ditangani pekerja asing. “Dan malah sekarang orang asing datang untuk belajar kemari, yang terakhir dari Dominion Cove LNG Amerika sebanyak 60 orang,” katanya.

Dalam proses alih teknologi PT Badak NGL mengunakan metode pendampingan yaitu, satu orang enginer asing akan didampingi satu enginer local sehingga enginer lokal dapat mempelajari secara seksama enginer asing tersebut.

PT Badak Natural Gas Liquefaction atau lebih dikenal dengan PT Badak NGL adalah perusahaan penghasil gas alam cair (LNG (Liquid Natural Gas) terbesar di Indonesia dan salah satu kilang LNG yang terbesar di dunia. Perusahaan ini berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur, dan memiliki 8 process train (A – H) yang mampu menghasilkan 22,5 Mtpa LNG (juta metrik ton LNG per tahun). PT Badak NGL merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Kota Bontang maupun Indonesia

Apa Komentar Kamu?