SHARE

siaga banjir

Satunegeri.com – Untuk mengetahui di mana titik-titik yang sedang kebanjiran, sekelompok developer meluncurkan siagabanjir.org . Melalui situs tersebut, pengguna bisa memantau situasi banjir di sejumlah wilayah Jakarta, juga daerah lain.

Fauzan Helmi Sudaryanto, yang ikut membuat siagabanjir.org mengatakan bahwa  laporan banjir yang ada di situs tersebut berasal dari laporan masyarakat melalui akun twitter, dan disajikan dalam bentuk peta.

Jadi kita tarik informasi tersebut baik dari akun-akun orang atau dari akun seperti TMC Polda Metro,” terang Fauzan, seperti dikutip Kompas.

Untuk menggunaannya sendiri, Pengguna tinggal masuk ke alamat halaman situs siagabanjir.org/peta. Setelah itu akan terpampang peta berupa Google Maps. Bedanya adalah lingkaran-linkgaran yang muncul di area tertentu peta itu.

Lingkaran-lingkaran tersebut merupakan tanda kategori bahaya banjir. Hijau untuk level awal, kuning untuk banjir yang mulai semata kaki. Jingga untuk banjir yang sudah merendam betis dan Merah untuk banjir yang sudah parah.

Lingkaran di peta akan terbuka jika di klik dan terpampang laporan banjir yang terjadi di titik tersebut. Selain laporan yang menyebutkan kondisi banjir, aplikasi web tersebut juga bisa menampilkan foto yang disematkan dalam kicauan. “Basically, tweet dari pengguna yang ditampilkan asal menggunakan hashtag #SiagaBanjir, tapi foto juga bisa tertangkap,” jelasnya.

Apa Komentar Kamu?