SHARE

Satunegeri.com — Ketua Serikat Pekerja Mathilda di Balikpapan, Kalimantan Timur, Farid Rawun mengungkapkan pihaknya optimis dengan kemampuan Pertamina untuk mengelola Blok Mahakam. Gelombang dukungan pengelolaan Blok Mahakam oleh Pertamina terus mengalir. Serikat Pekerja Mathilda, yang merupakan afiliasi dari Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu, sepenuhnya mendukung Pertamina untuk kelola Blok Mahakam.

SP Mathilda menyatakan bahwa Pertamina mampu mengelola Blok Mahakam bahkan dengan mengambil peran 100 persen pengelola sekalipun.

“Pertamina selama ini dikerdilkan. Mengapa Pertamina tidak boleh dibesarkan oleh bangsanya sendiri,” kata Ketua SP Mathilda di Balikpapan, Kalimantan Timur, Farid Rawung, Minggu (28/6/2015).

Pemerintah sejatinya bisa mengambil pelajaran dari keberhasilan Pertamina setelah mengambil alih Offshore North West Java (ONWJ) dan West Madura Offshore (WMO). Farid mengatakan, ONWJ beralih ke Pertamina dari pemilik sebelumnya, Kodeco Energy Co Ltd, Selatan, sedangkan WMP dari British Petroleum di 2010-2011.

Alhasil, kata Farid, kini produksi dari dua offshore itu telah melebihi kapasitas semula. “Semula memang sempat dari 20.000 per hari menjadi 12.000 per hari. Kini, kira-kira bisa 45.000. Di keduanya, tidak ada produksi yang turun sekarang,” kata Farid.

Apa Komentar Kamu?