SHARE

Izin pelaksanaan proyek reklamasi teluk Jakarta menurut Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said atas persetujuan Gubernur Jokowi saat itu. Hal itu dikatakannya pada Seminar tentang Reklamasi teluk Jakarta yang diadakan oleh IRESS.

“Izin keluar kan pastinya ada. Kalau Peraturan Gubernurnya tidak ada, izin tidak akan keluar,” tegas ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi tersebut kepada wartawan.

Selain Sudirman Said para tokoh yang datang, antara lain Mantan Ketua MPR Amien Rais, Pakar Hukum Tata negara Margarito Kamis, Pakar Tata Teknik Kelautan ITB, dan beberapa beberapa perwakilan masyarakat.

Marwan Batubara, mengatakan bahwa proyek reklamasi teluk Jakarta harus segera dihentikan. “Kita mempertanyakan sikap Pak Jokowi dan Pak Luhut karena terbukti banyak yang melangkahi hukum dari pemerintah. Saya kira pemerintah lebih pantas. Jangan memutar balik fakta bahwa pelanggaran sudah nyata,” kata Marwan sambil membuka seminar tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dirinya tidak pernah mengeluarkan izin reklamasi Teluk Jakarta, baik saat menjabat sebagai Gubernur DKI maupun Presiden RI.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Jokowi di sela peninjauan ke tambak udang di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). “Saya sampaikan, saya sebagai Presiden tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi,” kata Jokowi seperti dikutip Antara.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga memberikan klarifikasi tentang Pergub DKI Jakarta Nomor 146 yang menyangkut soal reklamasi. Ia menyebut, sebagai Gubernur DKI Jakarta, dirinya juga tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi tersebut.

“Kalau yang itu, Pergub [DKI Jakarta Nomor 146] itu kan Pergub yang merupakan acuan petunjuk dalam rangka kalau kamu minta izin, bukan reklamasinya. Kalau kamu minta izin, aturannya seperti apa, bukan kamu saya beri izin, kamu saya beri izin reklamasi, bukan itu,” kata Presiden Jokowi.

Apa Komentar Kamu?