SHARE

medium_26Bank-Dunia

Satunegeri.com – Untuk mengatasi kemiskinan ekstrem yang menerpa banyak masyarakat di berbagai belahan dunia pada saat ini, Bank Dunia menyatakan sudah terdapat tiga strategi yang digunakan mereka. Hal itu dikatakan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu(8/4).

Ketiga strategi tersebut adalah pertumbuhan ekonomi, peningkatan investasi, serta memastikan seluruh masyarakat terlindungi jaringan pengaman sosial.

Menurutnya kemiskinan ekstrem hanya dapat dihentikan jika kita menggerakkan pertumbuhan ekonomi ke arah pertumbuhan yang lebih kokoh dan inklusif yang belum pernah ada dalam masa modern ini, Karena itu perekonomian dunia butuh untuk tumbuh lebih cepat dan berkembang dengan lebih berkelanjutan, serta memastikan kaum miskin menerima porsi terbesar dari manfaat pertumbuhan ekonomi tersebut.

Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lanjutnya, membutuhkan stabilitas makroekonomi dalam bentuk inflasi rendah, mengelola tingkat utang serta tingkat kurs yang reliabel.

Sebagaimana diberitakan, harga minyak yang turun seharusnya dapat menguntungkan warga miskin di berbagai belahan dunia karena anjloknya harga komoditas penting tersebut juga dinilai bisa berdampak kepada menurunnya harga komoditas pangan.

Menurut Bank Dunia, harga minyak yang rendah seharusnya mengendurkan tekanan kepada harga komoditas lainnya khususnya gas alam, pupuk, dan komoditas pangan.Dengan demikian, harga pangan yang lebih murah seharusnya menguntungkan bagi warga miskin dunia, yang 70 persennya tinggal di negara-negara pengimpor minyak bumi.

Apa Komentar Kamu?