SHARE

Dalam diskusi menolak reklamasi teluk Jakarta di gedung DPR yang diadakan oleh IRESS, Politikus senior PAN yang juga mantan ketua MPR RI Amien Rais dengan tegas menolak kelanjutan reklamasi Teluk Jakarta, dan meminta IRESS memfasilitasinya untuk bertemu dengan presiden Jokowi untuk membahas Reklamasi Teluk Jakarta.

“Saya minta ke IRESS (Indonesian Resources Studies), membuat tim ketemu Jokowi. Tim ini harus ada Prof Muslim Muin (pakar teknik kelautan ITB). Kalau beliau nggak ada, saya juga nggak berani ya. Boleh ditambah teman-teman lain,” ujar Amien dalam diskusi

Menurut Amien, dia akan menemui Jokowi dengan cara yang sopan dan santun. Amien juga ingin beberapa pihak yang sewenang-wenang dalam proyek reklamasi dibawa ke pengadilan.

Senada dengan Amien Rais, Marwan Batubara dalam diskusi tersebut juga mengatakan bahwa ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan dalam aturan reklamasi tersebut.

“Isu reklamasi saya kira perlu kita cermati dan sikapi. Dari judul seminar jelas, kita ingin proyek reklamasi Jakarta dihentikan. Tidak ada alternatif lain bahwa itu harus dihentikan,” ujar Marwan Batubara saat membuka diskusi.

Selain itu, Marwan juga mengkritisi proyek reklamasi ini penuh dengan unsur kepentingan. Menurut dia, ada kepentingan asing bermain dalam proyek ini.

“Sikap kebijakan rencana strategis presiden China yang ingin menguasai berbagai wilayah termasuk juga wilayah di Indonesia dan karena itu mereka juga sangat berkepentingan untuk mensukseskan proyek reklamasi,” ucapnya.

Untuk diketahui, pemerintah pernah melakukan moratorium pada proyek reklamasi. Namun moratorium itu kini telah dicabut oleh Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.

Apa Komentar Kamu?