SHARE

20150608194251

Satunegeri.com – Perjuangan tim mahasiswi UNJ dalam acara The 2nd IYIA (International Young Inventors Award 2015 tidak sia-sia. Bersaing dengan beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Korea Selatan, Jordania, Srilangka, dan lainnya, Tim UNJ sebagai delegasi Indonesia juga berhasil mendapatkan medali Emas dalam kompetisi bertajuk penemuan produk dan penelitian.

Tim mahasiswa UNJ menampilkan beberapa produk media pembelajaran, salah satunya Tim Sleek Physics yang beranggotakan Sitti Ghaliyah, Karlina Ayu, Kiar Vansa, dan Hengki Harianto. Mereka menampilkan pembelajaran mandiri berbasis IPTEK untuk siswa SMA.

“Kita menampilkan produk modul elektronik dengan beberapa materi. Salah satunya produk PENGOLEKSI (Paket Lengkap Modul Elektronik Fisika) untuk materi Fluida Dinamik,” jelas Sitti Ghaliyah.

Gia menjelaskan, Paket lengkap yang dimaksud dalam modul elektronik adalah modul ini berisi teks, gambar, audio, video, simulasi, dan animasi, lalu di-convert menjadi bentuk digital. Kelebihan lainnya adalah produk ini mempunyai sistem evaluasi yang langsung menampilkan skor nilai serta pembahasan yang terhubung ke email guru.

“Produk kami ini berbentuk CD. Kalau dibuka dengan laptop/ komputer tidak perlu lagi meng-install software. Jadi langsung kebuka,” ujar Sitti Ghaliyah. Modul elektronik dirancang untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran mandiri siswa SMA dimana saja dan kapan saja khusunya untuk mata pelajaran Fisika, yang memang cukup sulit memvisualisasikan konsep-konsepnya.

“Semoga dengan dikembangkannya modul elektronik ini dapat menghemat pemakaian kertas yang terus diproduksi untuk mencetak buku-buku pembelajaran. Kita juga ikut mengkampanyekan salah satu gerakan Go Green untuk menyelamatkan pohon sebagai bahan baku pembuatan kertas,” pungkasnya.

Apa Komentar Kamu?