BPH Migas Pastikan BBM di Jalur Distribusi Logistik

medium_41bbm

Satunegeri.com РDirektur Operasional  Badan Penyelenggara Hilirisasi (BPH) Migas, Lookman Djaja Kyatmaja Lookman, memastikan bahwa pihaknya memastikan ketersediaan BBM bersubsidi pada jalur distribusi logistik.

Pasalnya jika ada kepastian ketersediaan BBM pada jalur distribusi logistik seperti di Pantura Pulau Jawa, Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum), dan lokasi di sekitar pelabuhan seperti di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, maka akan mengganggu pendistrubsian barang.

Menanggapi pembatasan penyaluran BBM bersubsidi, menurutnya bahwa kebijakan BPH Migas sudah jelas, dimana Pembatasan itu terjadi di cluster tertentu seperti daerah pertambangan dan perkebunan, sedangkan untuk truk pengangkut komoditas umum tidak dibatasi.

“Tapi mereka bilang seperti itu tidak tahu mana yang jalur logistik. Oleh karena itu kami akan duduk bersama menentukan jalur tersebut,” ujarnya.

Pembatasan BBM bersubsidi saat ini, menurutnya telah membuat antren panjang pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Ketidakpastian tersebut sangat merugikan perusahaan transportasi yang ujungnya menyebabkan inflasi.

Kondisi ini sudah mulai terasa pada penurunan ritase truk dari sebelumnya, 6-7 kali ritase sebulan Jakarta-Surabaya, kini operasional truk hanya mampu 4-5kali ritase per bulan. “Ritase berkurang 15%-25%. Dari 6-7 ritase per bulan, sekarang 1-2 ritase hilang.”

share on:

Leave a Response