Dongkrak Produksi Migas, PKJ dan PHE-OSES Jalin Kerjasama

SATUNEGERI.COM – Kehandalan jasa penyelaman, inspeksi bawah laut dan jasa pengujian tidak merusak (NDT), serta jasa pembersihan tumbuhan laut, berkaitan dengan konstruksi, perawatan dan inspeksi dari produksi minyak dan gas lepas pantai dan fasilitas proses di lapangan Offshore Southeast Sumatera (OSES) sangat dibutuhkan sebagai penunjang produksi.

Berdasarkan pertimbangan tersebut maka dijalinlah kerjasama antara PT Peteka Karya Jala (PKJ), Anak Perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) dengan PT Pertamina Hulu Energi – Offshore Southeast Sumatera (PHE-OSES). Selain mempunyai teknologi, kompetensi SDM, PKJ memiliki juga core competencynya di bidang Underwater Work Services dan Salvage.

Perusahaan ini juga memilki track record panjang di bidang Underwater Work Services. Sinergi antara Anak Perusahaan (AP) Hulu dengan Anak Perusahaan (AP) Service ini kemudian diwujudkan dalam sebuah Long Term Service Agreement pekerjaan Underwater Work Service yang ditandatangani dalam rangkaian acara Kick-Off Meeting, di Jakarta, pada Jumat (5/2/2021).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh GM PHE OSES Alfi Rusin dan Direktur PKJ Afridal Rivai dengan disaksikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental Nepos MT Pakpahan, serta Facilities Senior Manager PT Pertamina Hulu Energi – OSES, Muzwir Wiratama.

Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan menyampaikan apresiasi terhadap PHE-OSES atas sinergi Kerjasama ini, dan berharap agar kerjasama antara PKJ dengan PHE OSES berjalan dengan lancar, saling menunjang dan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dan berharap kerjasama ini dapat ditingkatkan untuk kegiatan lainnya.

Direksi PTK berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada PKJ untuk terus mengembangkan bisnisnya melalui kerjasama dan sinergi dengan Pertamina group. “PTK dan PKJ berkomitmen menjalankan proses bisnis ini dengan baik dan semangat ketulusan. Saya percaya dengan landasan ketulusan akan menghasilkan energi yang tidak terbatas,” ucap Nepos.

Direktur PKJ Afridal Rivai atau yang akrab dipanggil Afdal mengatakan, PKJ sangat bangga dapat berkontribusi mendukung kegiatan Underwater Work Service di PHE-OSES, selain dapat meningkatkan kompetensi dan portofolio PKJ, Sinergi antara PHE-OSES dengan PKJ ini dapat memberikan cost optimalization serta keuntungan lebih kepada Pertamina Group secara terkonsolidasi.

Dalam meningkatkan confidence level PHE-OSES kepada PKJ, lanjut Afdal, PKJ akan menambah investasi 1 (satu) Spread Diving Equipment dan investasi tersebut sebagai komitmen untuk pekerjaan ini.

GM PHE OSES Alfi Rusin menyambut baik Sinergi antara PHE-OSES dengan PKJ ini, beliau menambahkan bahwa pekerjaan ini memerlukan, kecermatan, kegigihan dan kesabaran karena akan berlangsung dalam jangka waktu yang panjang yaitu 10 tahun.

Alfi berharap agar PKJ dapat memberikan layanan terbaik untuk menunjang operasional PHE OSES terutama dalam aspek HSSE serta kesiapan tim dalam menunjang operasional PHE-OSES.

Sebagai catatan, PT Pertamina Hulu Energi – Offshore Southeast Sumatera (PHE-OSES), sebagai operator Wilayah Kerja (WK) Southeast Sumatra. WK Southeast Sumatera merupakan salah satu kontributor Migas terbesar di Indonesia dengan rata-rata produksi per hari dalam catatan laporan tahunan 2019 sebesar 25.207 BOPD minyak dan 95,33 MMSCDF gas atau dalam ukuran minyak setara gas yaitu 41.662 BOEPD. (**)

 

share on: