Ekspor Indonesia Baru Sebatas Produk Mentah

image-satunegeriSalah satu indikator sukses menurut kementerian pertanian Menteri Pertanian Suswono adalah menciptakan nilai tambah dan daya saing ekspor produk perkebunan. Suswono juga mengakui ekspor produk perkebunan masih didominasi oleh produk mentah, sehingga nilai tambah tidak dapat dinikmati di dalam negeri.

Dia mencontohkan kebijakan pengenaan bea keluar ekspor biji kakao, telah  mendorong industri pengolahan kakao di dalam negeri. Kebijakan bea  keluar kakao itu, kata dia, untuk mengurangi agar biji kakao. Bahkan,  seharusnya ekspor produk perkebunan dalam bentuk produk jadi.

Menurut Mentan, untuk ekspor produk perkebunan yang sudah diolah di dalam negeri, harus terus dikoordinasikan antara Kementan dengan kementerian lainnya.Dia mencontohkan kebijakan pengenaan bea keluar ekspor biji kakao, telah mendorong industri pengolahan kakao di dalam negeri.

Sementara, untuk pengolahan minyak kelapa sawit, pihaknya sudah mengarahkan untuk hilirisasi produk sawit. Walaupun untuk ekspor kelapa sawit, masih didominasi oleh minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). (IL)

share on:

Leave a Response