Ilmu Bermanfaat Jika Kamu Tawadhu

Satunegeri.com – IMAM MALIK suatu saat didatangi oleh Khalifah Harun Ar Rasyid dan mengundang agar sang Imam menyampaikan hadits kepadanya. Maka Imam Malik pun menjawab,”Wahai Amirul Mukminin, ilmu itu didatangi dan tidak mendatangi”.

Harun Ar Rasyid pun mendatangi rumah Imam Malik, dan ia bersandar di dindingnya. Maka Imam Malik pun menyampaikan,”Wahai Amirul Mukminin, sesungguhnya termasuk dari mengagungkan Allah adalah menghormati orang yang lebih tua”.

Setelah memperoleh nasihat dari Imam Malik, maka Harun Ar Rasyid pun duduk di hadapan Imam Malik. Tak lama kemudian Harun Ar Rasyid menyampaikan kepada Imam Malik,”Wahai Abu Abdullah, dengan tawadhu’ terhadap ilmumu, aku memperoleh manfaat darinya. Sedangkan telah bertawadhu’ kepadaku ilmu  Sufyan bin Uyainah, maka aku tidak memperoleh manfaat darinya”.

Kala itu Sufyan bin Uyainah mendatangi keluarga khalifah di rumah mereka dan menyampaikan hadits kepada mereka dan mengambil dirham dari mereka. (lihat, Al Hats Ala Thalab Al Ilmi, hal. 84)

share on:

Leave a Response