Kuliner Takjil Bulan Ramadhan

Satunegeri.com – Ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu oleh terutama umat Muslim di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia yang merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia.

Selain rutinitas beribadah yang bertambah, kamu juga bisa mencoba kuliner yang ada dibulan suci. Ada banyak makanan yang identik dengan bulan suci ini. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba beberapa di antaranya.

Jika kamu ingin mencicipi menu khas buka puasa yang Indonesia banget, berikut ini adalah deretan makanan khas buka puasa yang pasti ada saat Ramadan.

Kurma

Buah yang berasal dari timur tengah ini, selalu hadir di Bulan Ramadhan. Di Bulan Ramadhan kita bisa dengan mudahnya menemui buah manis yang satu ini di minimarket maupun di pasar swalayan terdekat maupun di setiap acara buka bersama. Karena, memakan buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunah Nabi Muhammad SAW bagi umat muslim.

Selama Ramadan disarankan menyediakan kurma di rumah karena kandungan vitamin, zat besi, kalsium, dan nutrisi lainnya sangat diperlukan tubuh. Sehingga, makanan ini diwajibkan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Kolak

Berbuka puasa lah dengan yang manis-manis. Nah, inilah takjil favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya manis dan legit, semangkuk kolak hangat juga dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

Di Indonesia, makanan bersantan ini punya banyak variasi isi. Namun, satu yang pasti, hampir di seluruh Indonesia, buah pisang selalu menjadi andalan dalam menciptakan cita rasa kolak yang nikmat. Tidak hanya pisang aja kamu juga bisa memvariasikan isian kolak kesukaan kamu dengan kolang kaling, singkong, labu atau yang lainnya biar tidak bosen.

Bubur Kampiun

Bubur kampiun ini merupakan yang terdiri dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau dan bubur candil. Rasanya yang lezat dan nikmat sangat cocok sekali untuk menu berbuka puasa.

Es Timun Suri

Timun suri sudah identik dengan bulan suci Ramadhan, karena buahnya yang hanya muncul saat bulan Ramadhan saja. Buah timun suri menjadi buah favorit pada bulan ramadhan, memiliki daging buahnya yang empuk menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa. Maka tak heran jika banyak masyarakat mencari timun suri.

Es Kelapa Muda

Es kelapa muda tentu menjadi minuman favorit kala berbuka puasa. Sebab, minuman ini memberikan efek menyegarkan pada tubuh usai seharian berpuasa. Selain karena menyegarkan, kelapa muda banyak digemari karena mengandung vitamin yang menyehatkan tubuh. Apalagi, memakan kepala muda juga bisa mengatasi rasa kenyang sekaligus.

Gorengan dan Jajanan Pasar Lainnya

Salah satu kebiasaan orang Indonesia ketika buka puasa adalah menyantap gorengan, mulai dari bakwan, risol, tempe goreng, tahu goreng, dan lainnya. Gorengan menjadi menu wajib orang Indonesia saat buka puasa. Jika tidak ada gorengan di menu buka puasa, rasanya agak aneh.

Gorengan itu ibarat pengganjal sekaligus pertolongan pertama untuk mengobati lapar. Gorengan selalu jadi makanan pendamping yang nggak pernah ketinggalan. Bersanding dengan jajanan pasar lainnya seperti lontong dan lemper, gorengan sukses menjadi salah satu menu buka puasa populer yang pasti bakal ludes seketika.

Sop Buah

Salah satu menu andalan saat berbuka puasa adalah sop buah. Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau sop buah adalah minuman yang banyak diminati orang dan paling dicari saat akan berbuka puasa.

Sop buah terbuat dari berbagai macam buah, seperti semangka, pepaya, melon, nanas, alpukat, dan lain sebagainya. Sop buah menjadi pilihan utama untuk melepas dahaga ketika musim panas. Selain itu, sop buah juga kerap dijadikan menu utama untuk berbuka. Rasa manis, sensasi dingin, dan kelezatan setiap buah membuat lega tenggorokan setelah puasa seharian.

Itulah makanan yang identik dengan Ramadhan di seputaran Jakarta yang perlu kamu coba sebagai pilihan menu berbuka puasa. kalau kamu lebih suka berbuka dengan kuliner buka puasa yang mana? Pastinya jangan kebanyakan ya, makan dan minum secukupnya saja. Satunegeri.com mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa untuk umat islam yang menjalankan.

share on: