Rilis Terbaru WHO Terkait Virus Corona

UU Korona No.2/2020

Satunegeri.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini merilis informasi dan anjuran untuk publik terkait epidemi virus corona yang melanda Tiongkok. Salah satu imbauan itu adalah, antibiotik tidak efektif melawan virus corona.

“Antibiotik tidak mampu melawan virus, hanya bakteri,” papar WHO dalam situs web resminya. Namun demikian, jika seorang pasien dirawat di rumah sakit akibat virus tersebut, dia kemungkinan akan diberi antibiotik karena koinfeksi bakteri mungkin saja terjadi.

Masih menurut WHO, hingga saat ini belum ada obat khusus untuk mencegah atau mengobati virus corona. Namun, sejumlah obat tengah dipelajari dan akan diuji dalam uji coba klinis. WHO mengaku tengah bekerja dengan sejumlah mitra guna membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan solusi.

“Manusia dari seluruh kelompok usia dapat terinfeksi coronavirusbaru, namun kaum lanjut usia (lansia) dan pengidap penyakit tertentu, seperti asma, diabetes, dan penyakit jantung, lebih rentan terjangkit virus ini,” jelas WHO.

Terkait kemungkinan apakah hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dapat terjangkit virus tersebut, WHO mengatakan belum ada bukti mengenai hal itu.

Meskipun demikian, organisasi tersebut menyarankan agar orang-orang mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh hewan peliharaan. Tindakan tersebut dapat membantu melindungi mereka dari berbagai bakteri umum, seperti E.coli dan salmonella.

Hingga hari Senin (3/2/2020), otoritas kesehatan Tiongkok sudah mencatat jumlah total infeksi wabah virus corona atau nCov telah melewati 17.200 kasus secara nasional, dengan 2.829 kasus terkonfirmasi dan 57 kematian.(Xinhua)

share on: