Tahun 2017 PLN Targetkan Penggunaan BBM 1 Juta Kilo Liter

medium_41PLNkabel

Satunegeri.com – Hingga tahun 2017, PLN menargetkan pengurangan pemakaian bahan bakar minyak pembangkit listrik hingga tersisa satu juta kiloliter. Hal itu dikatakan Kepala Divisi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas PT PLN (Persero) Suryadi Mardjoeki di Jakarta.

konsumsi satu juta kiloliter merupakan batas minimal pengurangan BBM, karena masih diperlukan untuk menghidupkan pertama kalinya pembangkit berbahan bakar batu bara. “Satu juta kiloliter itu sudah maksimal,” ucapnya

Menurutnya pemakaian BBM akan dialihkan ke batubara dan gas, dimana hingga semester pertama 2014, konsumsi BBM sudah mencapai 3,7 juta kiloliter atau 58 persen dari target sampai akhir tahun sebesar 6,4 juta kiloliter.

Sedangkan pemakaian gas enam bulan pertama 2014 mencapai 221 TBTU dengan target sampai akhir tahun 450 TBTU atau lebih tinggi dari rencana 431 TBTU. Pada 2013, pemakaian BBM pembangkit tercatat 7,4 juta kiloliter dan gas 410 TBTU.

Sementara, konsumsi BBM di Bali yang saat ini masih sekitar satu juta kiloliter per tahun akan berkurang melalui pembangunan terminal LNG skala kecil dengan kapasitas 40 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) pada 2015. “Demikian pula, wilayah lain seperti Nusa Tenggara dan Indonesia timur lainnya akan dikonversi dengan gas,” katanya.

share on:

Leave a Response