Wisata Kuliner Di Yogyakarta Yang Wajib Anda Coba

Satunegeri.com – Bicara tentang kota Yogyakarta seakan tidak ada habisnya. Selain terkenal dengan  wisata  alam yang sangat indah, Yogyakarta juga terkenal dengan wisata kuliner yang menarik dan siap menggoyang lidah wisatawan.

Mulai dari makanan tradisional sampai makanan kekinian ada semua di Yogyakarta.

Dan ini beberapa makanan khas Yogyakarta yang memiliki rasa yang enak dan nikmat di lidah. Di antaranya seperti beberapa di bawah ini.

1. Gudeg Jogjdegdeg

Makanan khas Jogjakarta yang saru ini pasti tidak terdengar asing. Makanan khas yang satu ini sudah sangat terkenal di semua kalangan. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeng memiliki tiga jenis yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering. Gudeg biasanya dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Untuk bisa menikmati makanan khas Jogja yang satu ini anda tidak perlu bingung, karena cabang penjual Gudeg di Jogja ini sangatlah banyak.

2. Sate Klathak

Sate Klatak masuk ke dalam daftar makanan khas Jogjakarta yang paling enak dan wajib dicoba. Julukan klatak sendiri datang dari bunyi “klatak klatak” waktu daging menyentuh arang. Keunikan dari Sate Klatak ini adalah potongan daging kambing muda yang ditusuk menggunakan jeruji, berbeda dari sate pada umumnya. Bumbu yang dipakai pun sedikit, dibumbui garam dibakar diatas arang. Dan disajikan bersama kuah gulai untuk menggugah selera.

3. Bakpia

 

Oleh-oleh khas Jogjakarta yang legendaris ini sudah sangat terkenal disemua kalangan. Hal ini karena ada makanan khas Yogjakarta yang bernama Bakpia Pathuk. Bakpia Pathuk adalah kue berbentuk bulat pipih, terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Nah, makanan khas Jogja ini paling sering dijadikan oleh-oleh.Baphia Pathuk kini tersedia dalam berbagai varian dan rasa. Mulai dari original kacang hijau, kacang merah, keju, dan lain sebagainya.

4. Bakmi Jogja

Bakmi Jawa Yogyakarta atau Mi jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak dengan mengunakan racikan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jadi sebenarnya olahan mi Jawa bukan hanya bakmi godhog atau bakmi yang direbus dan diberi kuah, akan tetapi mi jawa dapat disajikan menjadi mie goreng yang dimasak dengan racikan bumbu yang hampir sama tetapi tidak menggunakan kuah dan disajikan dalam keadaaan kering.

5. Krecek

Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang banyak disukai oleh semua orang. Makanan khas Jogja ini juga biasa disajikan bersamaan dengan Gudeg. Krecek adalah kerupuk kulit yang dimasak bareng bersama sambel dan memiliki rasa pedas dan gurih yang dominan. Perpaduan rasa manis dari gudeg dan pedas serta gurih dari krecek dapat menambah selera makan.

 

6. Oseng-osen

Kuliner satu ini memang memiliki rasa yang sangat ngeri yakni rasa pedas. Bisa dikatakan oseng mercon ini termasuk ke dalam menu makanan spesial bagi pecinta kuliner pedas. Jika gudeg identik dengan rasa manis gurih, oseng- oseng mercon cenderung manis pedas.

 

7. Mangut Lele

Mangut lele, makanan khas Yogyakarta yang dimasak santan ini bisa dijadikan menu makan utama keluarga. Kuliner ini berbahan ikan lele yang dimasak dengan santan. Sebelum dimasak dengan santan. Sebelum dimasak dengan Diatas sudah disebutkan beberapa makanan khas Yogyakarta, buat anda yang ingin wisata kuliner. Namun tentu masih banyak sekali jajanan yang belum masuk disini. Seperti dikatakan diawali, ngomongin kuliner Yogyakarta sepertinya tidak ada abisnya.

Itulah makanan khas Yogyakarta yang bisa dicoba ketika berada di Kota Pelajar. Sehingga kamu wajib mencicipi makanan tersebut ketika mengunjungi Kota tersebut. Pastikan juga untuk mengemasnya sebagai oleh oleh khas Jogja, agar keluarga di rumah pun dapat merasakan sensasi enak dari kuliner tersebut.

share on: